Smartphone iPhone terbaru memang saat ini belum resmi muncul, smartphone penerus iPhone 6, yakni iPhone 6s, memang banyak diperbincangkan karena smartphone terbaru dari Apple ini dikabarkan akan mengusung fitur-fitur unik, salah satunya adalah 3D Touch Display.

touch-850x420

 

Fitur 3D Touch Display sebenarnya adalah penamaan lain dari fitur Force Touch Display yang telah digunakan di Apple Watch. Pada rumor yang sempat beredar sebelumnya, bahwa iPhone 6s akan dilengkapi dengan fitur Force Touch Display.

Mungkin agar menjadi sesuatu yang baru, maka penamaan itu dirubah menjadi fitur 3D Touch Display. Sebagai mana yang diketahui, fitur 3D Touch Display ini akan dapat mengenali sentuhan yang dilakukan oleh penggunanya, dengan seberapa keras pengguna melakukan sentuhan pada layar iPhone.

Fitur ini akan berguna pada beberapa aktivitas, semisal pengguna menyentuh icon aplikasi Instagram dengan biasa, maka perintah yang akan dilakukan iPhone adalah menjalankan aplikasi tersebut. Sedangkan jika pengguna menekan icon sedikit lama, maka respon yang diterima iPhone akan berbeda dan akan menyuguhkan pilihan lain seperti menghapus aplikasi tersebut.

Respon lain yang lebih spesifik dari fitur 3D Touch Display ini adalah, ketika pengguna menekan sebuah judul lagu dengan sentuhan biasa, maka lagu tersebut akan diputar, sedangkan jika pengguna menekannya lebih keras tanpa menunggu waktu yang lebih lama, maka akan muncul info tentang lagu tersebut semisal nama penyanyi atau album.

Fitur seperti ini juga telah disematkan Apple kedalam produk MacBook mereka yang bernama fitur Force Clik. Dengan meng-klik sebuah kata yang ada pada komputer dengan waktu sedikit lama, maka komputer akan menampilkan rincian atau defnisi dari kata tersebut, sehingga dengan fitur ini pengguna semakin dimudahkan.

Dan seperti yang dilansir dari 9To5Mac (06/09/2015), Fitur serupa pun juga dikabarkan akan diimplementasikan pada perangkat lain seperti iPad Pro, dan semua perangkat terbaru dari Apple tersebut akan diperkenalkan pada Acara yang akan diselenggarakan tanggal 9 September mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here