Melalui salah satu mitra resminya yang berbasis di propinsi Shenzhen di Cina bernama Foxconn, saat ini Apple dikabarkan berhasil merakit 100 unit prototipe iPhone baru yang dilengkapi oleh tampilan layar safir (Sapphire).

Apple-iphone-sapphire

Dan sebagaimana kabar yang diungkap oleh media Taiwan Apple Dailly baru-baru ini, dua pemasok safir terkenal Amerika Serikat yaitu Synopsys dan Bern Optics telah menyalurkan perlengkapan dan peralatan yang begitu signifikan diperlukan untuk melindungi Touch ID dan kamera belakang pada iPhone dalam beberapa waktu belakangan ini. Sedangkan agar dapat memenuhi target produksinya, sejauh ini Apple sendiri setidaknya telah berhasil menggunakan 10 persen dari keseluruhan safir yang diproduksi di dunia.

Meskipun sebagian besar tampilan smartphone di pasaran saat ini masih tetap didominasi antara Corning Gorilla Glass dan Asahi Dragontrail, tapi Apple tampaknya lebih melirik keberadaan dukungan Sapphire sebagai lapisan tampilan pelindung pada jajaran iPhone generasi terbarunya mendatang.

Dan bahkan guna lebih dapat merealisasikan semua itu, sebelumnya Apple dikabarkan juga telah menyepakati investasi sebesar 578 juta USD bersama GT Advanced Technologies untuk membuka pabrik safir di Arizona, Amerika Serikat pada tahun 2013 yang lalu.