Iran telah meluncurkan situs video onlnie semacam Youtube yang dianggap tidak layak tonton di negara tersebut. Website berbagi video Iran bernama Mehr  (http://www.mehr.ir) yang memiliki arti kasih sayang/affection yang ditargetkan bagi pengguna berbahasa Persia dan bertujuan untuk mempromosikan kebudayaan Iran.

Memang situs semacam ini diperlukan di Iran yang merupakan negara Islam yang ketat menyensor jaringan internet, di mana Youtube juga merupakan salah satu situs yang disensor sejak pertengahan tahun 2009 sehingga mereka merasa perlu situs video semacam Youtube untuk konsumsi domestik.

Bahkan Facebook dan Twitter pun juga pernah diblokir, selain situs-situs lain yang dirasa membahayakan rezim Iran maupun prinsip religius dari negara ini.

Memang Iran tidak jauh berbeda dengan Cina dan negara seperti Korea Utara yang rajin menyensor dan memblokir akses internet karena mereka menyadari bahaya informasi yang begitu cepat menyebar di internet.

Tapi untungnya banyak pengguna Internet di Iran cukup pintar menyiasati sensor ini dengan menggunakan akses Virtual Private Network.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here