Berselancar dan mencari sesuatu di tablet memang tak semudah melakukannya di komputer ataupun laptop. Tapi kini Anda tak perlu khawatir, karena Blekko sebagai salah satu perusahaan mesin pencarian memberikan perhatian khusus untuk Anda yang senang browsing internet di tablet kesayangan Anda melalui Izik.

CEO Rich Skrenta mengatakan Izik merupakan upaya merebut kembali esensi ‘pengalaman pertama’ ketika orang-orang baru menggunakan Google lebih dari satu dekade lalu. Dan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, maka pencarian baru ditingkatkan kembali. Sayangnya fitur ini tidak ditemukan secara khusus di tablet karena pencarian di tablet tidak tampak seperti hasil pencarian aslinya di web.

Ada perbedaan ketika Anda melakukan pencarian di komputer dan laptop yang mana lebih kepada tujuan hasil pencarian, tidak sama halnya dengan di tablet karena harus lebih interaktif dan menyenangkan. Jika Anda menggunakan tablet, Anda mungkin akan duduk di sofa nyaman Anda dan mencari sesuatu karena Anda penasaran, daripada mencoba untuk menemukan sesuatu secara mendetail. Selain itu mengetik di tablet akan lebih sulit, sehingga suggest yang muncul di kotak teks pencari biasanya satu atau dua kata, dari yang tadinya berstandar dua sampai empat kata.

Izik mampu menerapkan teknologi Blekko yang memang selama ini mengembangkan layanan pencarian dan mendesain ulang tampilan antarmukanya sehingga akan memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan, lebih memudahkan akses dengan sentuhan dan mampu menampilkan gambar-gambar yang interaktif.

Saat Anda pertama kali membuka aplikasi ini, Anda dapat memilih kategori kata yang sering dicari atau Anda dapat mengetik sesuatu yang Anda cari di kotak pencarian. Setelah itu, aplikasi ini akan menampilkan hasil pencarian Anda dalam sebuah daftar yang menarik secara dinamis dari kategori berbeda sesuai dengan kata kunci yang Anda ketik tadi.

Misalnya Anda mengetik ‘iPad mini’ maka Anda mendapatkan kategori kata seperti ‘Top Result’, ‘Images’, ‘Looking For’. Tapi bila Anda mencari informasi seputar berita artis, bisa saja kategori yang muncul berubah menjadi ‘Gossip’. Pencarian berdasarkan kategori ini sudah mengacu pada teknologi Dynamic Interfence Graph.

Tak hanya itu saja, Anda juga dapat mengklik zoom di setiap kategori, menampilkan daftar panjang hasil pencarian dan menyapu layar untuk mengganti apa yang ingin Anda cari berikutnya.

Izik memberikan kemudahan karena hasil pencarian akan ditampilkan hanya beberapa saja, tapi bila Anda scroll ke bawah maka akan muncul lebih banyak lagi hasil pencariannya, dan yang pasti semua menjadi lebih mudah dan lebih menarik.

Izik dikembangkan sebagai perpanjangan tangan Blekko di tablet, namun sengaja digunakan nama yang berbeda dari nama Blekko karena Izik memang sangat berbeda. Skrenta dan Markson mengatakan bahwa Izik dapat digunakan juga di komputer, namun memang sengaja dibuat khusus untuk penggunaan di tablet.

Anda ingin mencobanya? Kini Izik sudah tersedia di Apple App Store maupun Google Play.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here