kredit: AP Photo/Susan Walsh

Kalau ingin mencari produk aspal dalam berbagai bentuk, datanglah ke negeri Cina. Bahkan, menurut sosok Jack Ma yang dikenal sebagai founder Alibaba, produk jiplakan yang ada di pasaran saat ini banyak yang mempunyai kualitas lebih baik dan harga lebih murah jika dibandingkan dengan produk aslinya. Hal tersebut pun diungkapkan oleh Jack Ma seperti dikutip dari Wall Street Journal.

kredit: AP Photo/Susan Walsh
kredit: AP Photo/Susan Walsh

Pernyataan Jack Ma itupun diungkapkannya setelah banyaknya tudingan terkait produk aspal yang ditawarkan di toko online Taobao yang merupakan salah satu anak perusahaan Alibaba. Di toko online tersebut, konsumen pun bisa menengok dengan mudah keberadaan produk-produk aspal dari brand ternama dunia. Kelompok anti pembajakan yang beranggotakan brand ternama dunia seperti Tiffany, Michael Kors dan Gucci America pun menyuarakan kekecewaannya terkait keberadaan barang tiruan di layanan milik Alibaba.

Meskipun melakukan aksi yang cukup gencar dalam mempromosikan produk aspal, Jack Ma pun enggan mengakui hal tersebut sebagai tindakan yang salah. Bahkan Ma mengatakan kalau Alibaba merupakan perusahaan yang terus berperang melawan keberadaan produk-produk bajakan. “Setiap produk bajakan yang kami jual, kami kehilangan lima orang konsumen,”ujar Ma.

Namun keberadaan barang aspal yang dijual di layanan milik Alibaba, menurut Ma, tidak bisa terhindarkan. Terlebih para konsumen Alibaba cenderung mencari produk dengan harga yang lebih murah. Sebagai langkah antisipasi, Alibaba pun sudah meluncurkan sebuah program yang berupaya untuk membantu pabrik Cina dalam memproduksi dan mengembangkan produk murah berkualitas dengan brand tersendiri.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here