Beberapa perangkat smartphone flagship saat ini sudah ada yang mengusung chipset Snapdragon 835, yang merupakan chipset high-end untuk tahun ini. Tentu bakal ada lebih banyak perangkat yang bakal hadir dengan chipset ini di kemudian hari. Namun berita baru-baru ini mengatakan jika Qualcomm dan Samsung telah memulai kerjasama untuk membuat pengganti chipset flagship saat ini yang disebut Snapdragon 845.

Qualcomm Snapdragon

Nama chipset Qualcomm Snapdragon 845 sendiri belum dapat dikonfirmasi keberanannya. Hal ini juga melihat penamaan chipset flagship milik Qualcomm tidak selalu urut. Chipset sebelumnya bernama Snapdragon 810, 820, 821, dan yang terakhir 835. Dengan demikian, Qualcomm tidak harus menggunakan nama Snapdragon 845, bisa saja Snadragon 840 atau 850. Namun, sumber industri mengatakan jika nama yang paling tepat adalah Snapdragon 845.

Chipset terbaru itu diharapkan tersedia untuk Galaxy S9 yang meluncur tahun 2018 mendatang. Chipset ini kemungkinan akan diproduksi oleh TSMC atau Samsung, namun dalam kasus ini tampaknya Samsung lebih berkemungkinan. Alasannya, tentu karena Samsung baru saja menyelesaikan pembangunan generasi ke-2 proses 10nm FinFET yang disebut 10LPP (Low Power Plus).

Pabriknya akan segera ditingkatkan untuk produksi massal chip 10nm terbaru yang akan menawarkan 10% peningkatan pada performa atau penurunan 15% dalam konsumsi daya. Jika Snapdragon 845 akan diproduksi oleh Samsung, performa dan perbaikan konsumsi baterai akan semakin ditingkatkan lagi. Chipset flagship terbaru itu juga diharapkan bakal hadir pada smartphone Galaxy X dan Galaxy Note 9.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here