Seakan tak mau menutup mata atas keberhasilan negara tetangganya, yaitu Korea selatan dalam menguasai teknologi display saat ini, Jepang yang telah lebih dulu berkecimpung dalam mengembangkan teknologi display ketimbang negeri gingseng tersebut, baru-baru ini melalui Japan Display (JDI) dikabarkan juga telah berhasil mengembangkan teknologi display terbarunya dan bahkan kini telah memulai produksi massal panel layar 6 inci dengan rasio aspek 18: 9 dan resolusi 1440 x 2560.

Japan_Display_logo.svg
JDI menyebut teknologi display terbarunya sebagai panel layar LCD “Full Active”, yang menggunakan kabel kepadatan tinggi (high density wiring) terbaru yang memungkinkan bezel bawah setipis tiga sisi lainnya. Fitur layarnya sendiri didasarkan pada dukungan teknologi Pixel Eyes generasi kedua yang memungkinkan tampilan hitam yang lebih pekat. Selain itu, pengguna dengan jari basahpun kabarnya masih tetap akan dapat dengan mudah menavigasi layar. Hal ini tentunya sangat penting di era handset tahan air seperti saat ini, bukan?

jdi-a

Mengingat Sony sering menggunakan jasa JDI sebagai sumber layarnya, maka tak mengejutkan kalau teknologi display JDI tersebut dikabarkan bakal diadopsi Sony untuk keberadaan model Xperia andalan terbarunya yang akan datang. Dalam hal ini, Sony boleh dibilang sebagai satu dari tiga perusahaan besar yang merupakan bagian dari usaha patungan bersama JDI. Sedangkan dua perusahaan lainnya adalah Hitachi dan Toshiba.

Tak dapat dipungkiri, dukungan rasio aspek 18:9 kemungkinan akan bertambah dalam penggunaan handset andalan 2017-2018 berkat keputusan yang dibuat tahun ini di LG dan Samsung. Kedua perusahaan terkemuka Korea Selatan tersebut tampaknya telah mengikuti rasio aspek 18: 9 pada model andalan terbaru mereka ketimbang dukungan aspek rasio 16: 9 yang sebelumnya digunakan.

Dukungan rasio aspek 18: 9 pada tampilan layar selama ini sangat bagus untuk melihat tampilan video karena mengurangi ukuran batas hitam yang terdapat di bagian atas dan bawah layar saat menonton film dan acara televisi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here