Jika berbicara salah satu sumber informasi yang paling populer di dunia, YouTube pasti termasuk ke dalam salah satunya. Portal streaming video milik Google ini memang menyediakan banyak sekali konten video yang terdiri dari berbagai macam kategori. Bahkan portal video ini juga bisa dijadikan sumber penghasilan. Namun tahukah Anda bahwa di YouTube ada fitur yang jarang sekali digunakan?

Ya, layanan Video Editor dan photo slideshow merupakan fitur yang jarang sekali digunakan oleh pengguna YouTube. Dengan asalan minimnya pengguna yang memanfaatkan fitur tersebut, YouTube bakal segera menyingkirkan fitur tersebut pada layanan YouTube. Alasan YouTube mematikan fitur tersebut tentu langkah yang tepat, karena jika tidak terlalu digunakan mengapa harus dipertahankan.

Langkah tersebut diumumkan oleh Marissa, yakni manajer komunitas di YouTube, yang mengungkapkan hal tersebut kepada YouTube Help Forum. Dengan pensiunnya fitur tersebut, YouTube dapat menggunakan sumber daya yang dimilikinya untuk fokus pada alat-alat baru dan meningkatkan fitur yang sudah ada saat ini.

YouTube akan menutup video editor dan photo slideshow pada tanggal 20 September mendatang. Bagi pengguna yang masih memanfaatkan fitur tersebut untuk membuat proyek-proyek video memiliki waktu hampir dua bulan untuk menyelesaikan proyek milik mereka sebelum YouTube benar-benar menutupnya. Setelah ditutup, tentu pengguna tidak memiliki akses ke fitur tersebut, namun video yang mereka terbitkan dengan Video Editor tidak akan terpengaruh.

Untuk saat ini, YouTube akan tetap mempertahankan fitur Enhancements pada Video Manager, dimana fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk meng-upload video mereka dengan beberapa tambahan suntingan seperti trimming, blurring, dan berbagai filter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here