Layar fleksibel atau layar yang memiliki kemampuan untuk dilipat bukan barang baru lagi, karena beberapa perusahaan telah lama mengembangkan panel layar sejenis ini. Bahkan beberapa produk saat ini juga sudah ada yang mengusung panel layar fleksibel, namun belum sempurna. Ada LG dengan panel OLED miliknya atau Samsung dengan curved AMOLED miliknya.

ap_resize

Namun tidak hanya kedua perusahaan tersebut yang mengembangkan teknologi semacam ini, karena Japan Display Inc (JDI) juga mengembangkan panel layar yang dapat dilipat. Baru-baru ini JDI mengumumkan teknologi panel layar LCD terbaru miliknya yang memiliki kemampuan untuk tahan terhadap retakan.

Panel layar anti-retak ini berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1080×1920 piksel. Meski kerapatan layar ini tidak begitu istimewa, namun panel ini telah dibekali dengan teknologi canggih, yakni¬†plastic substrate di kedua sisi panel LCD ini. Kemampuan anti retak yang dimiliki panel itu karena tidak menggunakan bahan kaca, sehingga panel tidak akan retak meski ditekuk.

Namun jika bahan yang digunakan seperti pada Motorola Shatter Shield masih rentan tergores ketimbang menggunakan bahan kaca. Seperti yang dikatakan perusahaan, layar ini mampu menampilkan full 60Hz refresh rate, namun juga bisa serendah 15Hz untuk penghematan daya. Sementara produksi massal panel ini diharapkan dapat dimulai pada tahun depan dan diusung oleh smartphone flagship untuk tahun 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here