Sejauh ini kita mendapati beberapa benda di tubuh kita bertransformasi menjadi sebuah alat berkemampuan khusus seperti sepatu pintar, kaca mata pintar, jam tangan pintar, gelang pintar, dan lain-lain. Kali ini muncul lagi sebuah inovasi baru, yakni sebuah jepit rambut pintar dengan kemampuan khusus.

Ontenna, jepit rambut pintar yang dapat merubah suara menjadi getaran dan cahaya (Kredit: Ontenna)
Ontenna, jepit rambut pintar yang dapat merubah suara menjadi getaran dan cahaya (Kredit: Ontenna)

Seperti yang dilansir dari VentureBeat, Senin (19/10/2015), jepit rambut pintar ini bernama Ontenna yang memiliki kemapuan merubah karakter suara menjadi gertaran dan cahaya. Perangkat pintar ini dapat mengenali suara terdekat dari penggunanya, kemudian merubah merubah karakter suara menjadi sebuah getaran dan cahaya yang memiliki tingkat berbeda-beda.

(Kredit: Ontenna)
Ontenna, jepit rambut pintar (Kredit: Ontenna)

 

Jepit rambut pintar Ontenna ini ditujukan bagi mereka yang kehilangan atau terlahir tanpa dianugerahi pendengaran (tuna rungu). Cara kerja jepit rambut ini cukup sederhana, jika suara terdengar pelan, maka jepit rambut ini akan bergetar pelan, namun ketika suara sangat bising atau keras seperti bunyi sirine atau tanda kebakaran pada sebuah gedung, maka jepit ini akan bergetar dengan sangat kencang serta cahaya yang bersinar semakin terang.

Dengan menggunakan jepit rambut pintar ini, pengguna dapat merasakan langsung suara dari rambut mereka seperti kucing yang dapat merasakan getaran di udara melalui kumis mereka. Jepit rambut pintar ini dapat mengenali suara pada rentang 30dB hingga 90dB yang kemudian diterjemahkan ke dalam 256 tingkatan getaran dan cahaya yang berbeda.

Tatsuya Honda, Peneliti dan pengembang Ontenna (Kredit: Ontenna)
Tatsuya Honda, Peneliti dan pengembang Ontenna (Kredit: Ontenna)

Namun perangkat jepit pintar ini masih dalam bentuk prototipe atau masih dalam tahap pengembangan, Tatsuya Honda, peneliti dan pengembang Ontenna telah mendapat dana hibah dari pemerintah Jepang dan kini sedang mengerjakan 200 prototipe Ontenna.

Ontenna dalam model anting-anting (Kredit: Ontenna)
Ontenna dalam model anting (Kredit: Ontenna)

Tak hanya hadir dalam bentuk jepit rambut saja, Ontenna juga dikembangkan dalam bentuk anting-anting, sehingga Ontenna memiliki 2 jenis model yang berbeda agar dapat menyesuaikan dengan penggunannya. Hadirnya model anting karena untuk pengguna tuna rungu yang telah berusia lanjut, kurang pantas jika memakai Ontenna dalam model jepit rambut. Saat digunakan pun, anting pintar ini terasa seperti anting biasa pada umumnya.

Diharapkan, jepit rambut pintar ini segera hadir agar orang-orang tuna rungu dapat mengenali berbagai macam suara serta dari mana arah tersebut berasal.

(RH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here