Selama ini Apple memang terkenal selalu bungkam mengenai spesifikasi secara detail chipset mereka yang dibenamkan pada perangkat mobile seperti iPhone dan iPad Pro. Namun mengingat performa yang disajikan perangkat Apple seperti iPad Pro yang sangat memuaskan, pastinya ada rahasia dibalik gaharnya perangkat Apple meski menggunakan CPU dual core.

apple-ipad-pro-a9x

Berkat orang-orang yang bekerja di AnandTech dan Chipworks, kita kini dapat mengetahui seluk-beluk chipset A9X yang dibenamkan pada iPad Pro. Mereka berhasil mengungkap apa saja yang ada pada chipset Apple A9X buatan TSMC. Chipset A9X yang digarap oleh TSMC mengusung desain 16 FinFet dan memiliki ukuran kurang lebih 147mm².

Chipset-Apple-A9X-di-iPad-Pro-1

Ukuran Chip A9X ini lebih besar dari chip A6X dan A8X, namun lebih kecil ketimbang chip A5X. Selain itu, yang menjadi kekuatan handalnya chip A9x ternyata chip ini memiliki 12 core GPU yang merupakan bagian dari Imagination’s PowerVR 12 cluster Series7, yang bahkan tidak ada dalam roadmap Imagination. Chip A9 menggunakan Imagination 6-core PVR GT7600, tapi A9X masih menjadi teka-teki karena berada di antara 8 core GT7800 dan 16 core GT7900.

Chipset-Apple-A9X-di-iPad-Pro-2

Memang tidak terlalu mengesankan, tapi bila keduanya digabungkan akan membentuk GPU 12-core dengan bus memory 128-bit, dapat menghasilkan bandwidth memory yang mengesankan, yaitu 51,2GB. Menariknya, orang-orang dibelakang AnandTech dan Chipworks juga mengungkapkan bahwa chipset A9X tidak memiliki  L3 Cache. Ada dua kemungkinan pada chip tersebut, menurut AnandTech hal itu bisa dterjadi karena ukuran bandwich memori pada chip, sedangkan alasan satunya Apple tidak membutuhkan L3 Cache untuk menghemat daya.

(rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here