Tablet nampaknya menjadi pilihan bagi mereka yang menyukai perangkat komputer yang mudah untuk dibawa ke mana-mana. Terbukti, dari sebuah riset yang dilakukan oleh lembaga riset ABI, penjualan tablet untuk pertama kalinya melebihi penjualan netbook.

Dari penelitiannya, ABI memperlihatkan bahwa terdapat 13.6 juta tablet yang telah diluncurkan di pasaran pada quarter ini. Jumlah tersebut jauh lebih besar daripada netbook yang hanya mencapai 7.3 juta unit. Dari jumlah tersebut, iPad milik Apple menjadi yang terdepan dengan prosentase 68 persen.

Sebelumnya, hal ini belum pernah terjadi. ABI mengungkapkan, dulu orang cenderung memilih netbook sebagai perangkat komputer mobile. Bahkan pada quarter sebelumnya, jumlah netbook lebih tinggi, yakni 8,4 juta unit, 2 juta unit daripada tablet yang hanya mampu memasarkan 6.4 juta unit tablet.

Jeff Orr, direktur ABI mengatakan tren tersebut nampaknya akan terus berlanjut. Dia beralasan tablet lebih mudah untuk digunakan dibandingkan dengan netbook, terutama untuk mereka yang dinamis. Namun hal tersebut harus dibayar lebih mahal, karena harga tablet rata-rata mencapai dua kali lipat dari harga netbook.

Meskipun begitu, dia yakin bahwa era netbook belumlah habis. Untuk negara-negara dengan tingkat teknologi yang belum tinggi, netbook masih menjadi suatu daya tarik tersendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here