kredit: thewiire

Pemerintah Indonesia mempunyai proyek besar untuk meningkatkan pemerataan kecepatan internet di seluruh penjuru tanah air. Proyek tersebut bernama Palapa Ring II yang bakal memberikan akses internet cepat melalui kabel fiber bawah laut di 33 provinsi tanah air.

kredit: thewiire
kredit: thewiire

Proyek Palapa Ring II ini bukanlah sebuah proyek baru. Bahkan rencana proyek ini telah dilakukan sejak 10 tahun lalu. Dan menurut rencana, pada tahun 2018 mendatang kabel fiber optik bawah laut sepanjang 8.369 kilometer sudah membentang di wilayah perairan Indonesia.

Saat ini sendiri sudah terdapat 27 perusahaan telekomunikasi yang siap bertarung untuk memenangkan tender proyek ini. Termasuk di antaranya adalah Telkom Indonesia, Indosat serta XL Axiata. Proyek ini pun nilainya tidak main-main, sebesar 246,7 juta USD atau setara 3,3 triliun rupiah.

Tender proyek ini mencakup dua tahap pembangunan. Tahap pertama mencakup 11 wilayah di Indonesia bagian barat dengan panjang kabel mencapai 1.823 kilometer senilai 56,6 juta USD atau setara 764 miliar rupiah. Selanjutnya, tahap kedua mencakup 40 wilayah Indonesia bagian Timur dengan total panjang kabel mencapai 6.572 kilometer.

via Telecom Asia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here