Siapa yang tak mengenal Corning Gorilla Glass? Ya, jenis kaca ini memang terkenal akan ketaguhannya yang sulit dipecahkan. Hal ini lah yang dilirik para vendor smartphone untuk menggunakan kaca Gorilla Glass pada smartphone buatan mereka. Namun tak sebatas perusahaan gadget saja yang melirik kaca ini, perusahaan otomotif pun juga tertarik mengusung kaca Gorilla Glass.

Gorilla Glass 1
Kaca hybrid Gorilla Glass tidak mudah pecah (Kredit: YouTube)

Mengutip dari laporanĀ Android Authority, Kamis (17/12/2015), perusahaan yang tertarik menggunakan kaca Corning Gorilla Glass adalah Ford. Kedua perusahaan telah menandatangani kesepakatan dan telah mengembangkan dua kaca Gorilla Glass untuk mobil Ford GT pada tahun 2016 mendatang.

Pada tahap pengembangan ini, material yang digunakan untuk membangun kaca depan mobil Ford GT secara teknis adalah hybrid Gorilla Glass, yakni kaca yang terdiri dari tiga lapisan material bolak-balik. Meski lebih tipis dan ringan daripada kaca mobil pada umumnya, namun hybrid memberikan perlindungan yang lebih besar.

Kaca biasa pada mobil Ford GT retak ketika ditembak bola es (Kredit: YouTube)
Kaca biasa pada mobil Ford GT retak ketika ditembak bola es (Kredit: YouTube)

Untuk memperlihatkan betapa tangguhnya kaca Gorilla Glass, para tim pengembang mendemonstrasikan dengan cara menembakan bola-bola es pada kaca mobil Ford serta menembakan bola es tersebut pada kaca hybrid Gorilla Glass juga. Pada hasil tes, meski kaca mobil Ford tidak pecah, namun meninggalkan retakan yang cukup banyak. Sedangkan hybrid Gorilla Glass tidak mengalami keretakan.

Sementara ini, Corning Gorilla Glass baru menyasar mobil-mobil papan atas seperti Ford GT, namun diharapkan mobil-mobil kelas mengah ke bawah juga dapat menggunakan kaca super kuat ini.

(rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here