You are currently viewing Kalah Bersaing dengan Aplikasi Chatting, Yahoo Messenger Jepang akan Tutup pada 26 Maret

Aplikasi Yahoo Messenger nampaknya kini mulai ditinggalkan oleh para penggunanya. Salah satu dampaknya adalah penutupan layanan Yahoo Messenger domestik yang dilakukan oleh Yahoo Jepang. Penutupan layanan Yahoo Messenger Jepang itu pun menurut rencana akan dilakukan pada 26 Maret 2014.

logo yahoo jepang

Penutupan ini pun dilakukan karena Yahoo kalah bersaing dengan aplikasi chatting lainnya. Di Jepang, aplikasi messenger Line menjadi dominator, dengan jumlah pengguna di Jepang mencapai angka 50 juta user. Terlebih Line merupakan produk asli Jepang.

Kebijakan ini pun tak berhubungan dengan aplikasi Yahoo Messenger secara global. Hal ini karena Yahoo Jepang merupakan cabang Yahoo yang berdiri secara independen. Selain itu, layanan Yahoo Messenger Jepang adalah sebuah layanan chatting domestik.

Sebelumnya, Yahoo juga mengalami kesulitan untuk bersaing di negara Asia lainnya, tepatnya di Korea Selatan. Bahkan pada akhirnya, mereka pun memutuskan untuk menghentikan layanannya yang ada di negeri ginseng tersebut. Namun sepertinya kebijakan seperti itu tak akan mereka lakukan di Jepang.

via TNW

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.