Sebuah perangkat elektronik bersejarah kini berpeluang bisa menjadi kepemilikan seseorang. Perangkat elektronik bersejarah tersebut adalah kamera yang digunakan untuk mendokumentasikan misi penerbangan Apollo 15 yang berlangsung pada tahun 1971.

Hasselblad 500 kamera apollo 15

Kamera Hasselblad 500 tersebut digunakan oleh astronot setelah berhasil melakukan kontak dengan permukaan bulan. Pada misi tersebut, total terdapat 14 kamera yang digunakan untuk melakukan proses dokumentasi. Namun pada saat itu, sebagian besar kamera tertinggal di bulan dan hanya satu yang berhasil dibawa ke bumi.

Kamera tersebut pun telah dilelang pada minggu keramin dengan nilai awal sebesar 110.192 USD. Pada akhirnya, kamera tersebut berhasil dijual dengan harga sebesar 757.570 USD dan jika ditambah biaya lelang maka total yang dibayarkan adalah sebesar 909.084 USD atau sekitar lebih dari 10 miliar rupiah. Adalah Founder dari jaringan retail Yodobashi Camera, Terukazu Fujisawa yang berhasil memenangkan lelang tersebut.

Kamera tersebut pun telah dibuktikan sebagai perangkat yang asli dan pernah digunakan dalam misi Apollo 15. Kamera ini diketahui pernah dimiliki oleh seorang kolektor asal Italia.

via Softpedia