Segmen kartu grafis untuk PC memang didominasi oleh keberadaan AMD dan Nvidia. Meski begitu, bukan berarti brand kartu grafis lain mempunyai kualitas yang lebih rendah jika dibandingkan dua brand tersebut. Sebuah kartu grafis terbaru bernama Matrox C900 memberikan kualitas dan fitur yang tak dipunyai oleh AMD dan Nvidia.

matrox c900

Kemampuan yang dimaksud tersebut adalah fitur untuk mengolah tampilan pada 9 layar sekaligus. Tak hanya itu, tampilan tersebut juga bisa diatur pada resolusi Full HD pada frekuensi 60Hz. Kartu grafis Matrox C900 ini pun didesain untuk board iklan ataupun video dinding.

Sama halnya seperti kartu grafis Nvidia ataupun AMD, Matrox C900 ini memanfaatkan sebuah jalur PCIe di komputer. Kartu grafis ini memiliki sebanyak 9 konektor mini-HDMI yang memungkinkannya untuk terhubung pada sembilan layar sekaligus. Dan Matrox ini pun diklaim sebagai kartu grafis pertama yang bisa melakukan hal tersebut.

Kartu grafis Matrox C900 ini bisa digunakan untuk layar dengan konfigurasi 3×3. Konfigurasi layar seperti ini pun bakal sangat ideal untuk keperluan keamanan atau bisa juga dipakai sebagai sarana untuk konferensi video. Selain itu, kartu grafis ini dapat pula digunakan untuk konfigurasi 9×1 dengan resolusi 5760 x 3240 piksel.

Kartu grafis ini hadir dengan memory video berkapasitas 4GB, DirectX 12 serta OpenGL 4.4. Selain itu, kartu video ini juga sudah menunjang audio digital melalui HDMI. Pihak Matrox pun mengatakan kalau dua kartu C900 bisa digabungkan jadi satu, sehingga bisa dipakai untuk mengolah sebanyak 18 layar sekaligus.

Sayangnya belum ada keterangan mengenai harga jual dari kartu grafis ini. Pastinya, kartu grafis canggih ini bakal ditawarkan pada kuartal kedua tahun ini. Bocoran harganya sih, kemungkinan berkisar di angka 1000 USD.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here