marketwatch

Pengembangan mobil tanpa sopir saat ini banyak dilakukan oleh perusahaan teknologi besar dunia. Tak terkecuali oleh Tesla yang dikenal sebagai produsen mobil listrik ternama dunia. Bahkan CEO Tesla Elon Musk mengungkapkan kalau keberadaan teknologi mobil tanpa sopir yang tengah mereka kembangkan jauh lebih pintar jika dibandingkan dengan kemampuan sopir manusia.

marketwatch
sumber gambar: marketwatch

Dalam sebuah pertemuan dengan Menteri Perhubungan dan Komunikasi Norwegia Ketil Solvik-Olsen, Musk mengatakan kalau teknologi mobil tanpa sopir milik Tesla bisa mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya. Bahkan dalam pernyataannya, Musk pun berani menjamin kalau teknologi Autopilot milik mereka dapat mengurangi risiko kecelakaan hingga 50 persen. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa, versi pertama dari teknologi Autopilot yang dikembangkan oleh Tesla pun sudah memiliki kemampuan berkendara lebih baik dibandingkan manusia.

Teknologi Autopilot yang dikembangkan oleh Tesla memang sedikit berbeda dengan teknologi driverless car yang dikembangkan oleh perusahaan lain. Teknologi ini tidak sepenuhnya otomatis. Namun lebih merupakan perpaduan antara teknologi mobil tanpa sopir dengan kemampuan berkendara seseorang. Teknologi ini pun mempunyai kemampuan untuk mengambil alih kendali kendaraan hingga batas tertentu. Tujuannya adalah untuk menghindari prilaku ceroboh yang dilakukan oleh sopir kendaraan.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here