Bagi pengguna ponsel, Bluetooth bukan sesuatu yang asing lagi, karena fitur koneksi wireless ini sudah hadir di perangkat ponsel sejak beberapa tahun yang lalu, bahakan ketika ponsel fitur sedang booming. Namun kehadiran wireless seperti WiFi mulai menggeser posisi Bluetooth, namun kiprah Bluetooth belum berakhir karena versi terbaru akan segera diumumkan.

bluetooth5_big1
Logo Bluetooth

Versi terbaru dari Bluetooth sendiri diharapkan segera hadir pada pekan depan, di mana teknologi ini menawarkan komunikasi jarak yang lebih jauh dan kecepatan transfer data yang lebih baik. Kabar ini diungkapkan sendiri oleh Mark Powell selaku Direktur Eksekutif Bluetooth melalui email. Dalam email tersebut ia menyebutkan jika Bluetooth versi 5 akan diluncurkan 16 Juni mendatang di London, Inggris.

Bluetooth versi 5 akan menawarkan dua kali kecepatan dan empat kali jangkauan jarak dari versi sebelumnya. Selain itu, Bluetooth versi 5 juga akan mendukung perangkat rumah pintar dan menambah fungsionalitas IoT, di samping peningkatan dukungan untuk layanan connectionless berbasis lokasi, seperti navigasi bantu beacons.

Belum diketahui apakah Bluetooth versi 5 akan mendukung smartphone yang sudah beredar saat ini dengan update firmware atau harus meningkatkan hardware. Sebelumnya, ponsel dengan Bluetooth versi 1.0, 2.0, dan 3.0 tidak dapat melakukan pembaruan ke versi terbaru, namun perangkat dengan Bluetooth 4.0 dapat mengingkatkan versi ke 4.1 dengan update software.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here