Di tengah banyak produsen menempatkan produk unggulan terbarunya di tangan para pengulas untuk mendapatkan feedback terbaik sebelum waktu peluncurannya, tampaknya membuat raksasa layanan Google kabarnya juga turut melakukan hal yang sama.

Jelang peluncuran speaker AI Google Home Mini terbarunya tanggal 19 Oktober mendatang, Google telah menerima adanya sejumlah laporan ketidak beresan yang terjadi pada produk unggulannya tersebut dari para pengulas setianya di seluruh dunia. Mengingat keluhan yang disampaikan sangat beragam, maka Google tampaknya akan terlebih dulu memilah-memilah secara cermat.

Menurut laporan yang disampaikan salah satu pengulasnya, Google Home Mini yang digunakannya hampir selalu merekam suara di rumahnya. Bagi beberapa orang, hal tersebut mungkin bukan masalah besar, tapi lain halnya kalau semua rekaman yang ada ternyata dikirim ke server Google.

Meskipun sejauh ini kredibilitas Google dimata para penggunanya sudah tak perlu diragukan lagi, namun dengan cara kerja seperti itu tetap saja akan menimbulkan kecemasan bagi sebagian orang karena terkait soal privasi. Berkat sistem pintar yang ada pada Google Home Mini, sistem akan mengirim secara otomatis apa yang didengarnya ke server untuk mendapat feedback yang sesuai. Kebetulan cara kerja tersebut konon ada kemiripan dengan apa yang diakomodir sistem speaker AI besutan Amazon.

Google Home Mini biasanya akan mengabaikan suara apapun didengarnya sampai ada perintah langsung dari pemiliknya seperti sapaan “Hey Google” atau “OK Google”. Namun karena adanya permasalahan pada perangkat tersebut, maka sistem akan mendengarkan terus-menerus tanpa adanya respon yang memadai. Selain itu, speaker AI Google tersebut juga memiliki sensor sentuh yang buruk pada bagian atasnya.

Google telah mengakui masalah ini dan telah mengeluarkan pembaruan perangkat lunak untuk mengatasi masalah tersebut. Normalnya lampu di atas speaker akan menyala saat sedang mendengarkan. Perbaikan perangkat lunak mencegah pengaktifan speaker dengan sentuhan, yang merupakan fitur yang dimaksudkan untuk menawarkan opsi aktivasi. Google Home Mini dapat akan dapat merespon saat mendengar sapaan langsung dari pemiliknya.

Google tampaknya telah mengetahui betul permasalahan yang berdampak pada sejumlah kecil perangkat Google Home Mini yang dapat menyebabkan mekanisme sentuhan untuk berperilaku tidak benar. Terkait hal itu, Google sendiri kabarnya telah meluncurkan sebuah update piranti lunaknya pada tanggal 7 Oktober yang lalu untuk mengurangi permasalahan tersebut. Sementara bagi siapapun yang masih mendapatkan keluhan pada Google Home Mini, dipersilahkan menghubungi hotline Google Support 1-855-971-9121 untuk mendapatkan penggantian Google Home Mini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here