Modus peretasan kini beragam caranya untuk mengelabuhi para korbannya. Bahkan sekarang terdapat modus baru yang menggunakan aplikasi perpesanan BlackBerry Message (BBM), untuk mengambil alih akun yang diretas. Modus ini pun digunakan pelaku agar kontak yang terdapat pada BBM sang korban percaya bahwa pesan yang dikirim benar-benar berasal dari sang korban.

hacker

Kejadian tersebut pun juga tidak luput menyasar ke kalangan politisi dan orang ternama di Indonesia. Sepertu yang dikutip dari Koran Kaltim, Kamis (22/9/2016), akun BBM politisi Golkar yang juga Wakil Ketua MPR RI, Mahyudin, menjadi salah satu korban peretasan tersebut. Diakuinya bahwa akun BBM miliknya telah diretas kemarin malam (Rabu).

Dengan mengambil alih akun BBM Mahyudin, peretas tersebut mengirim pesan ke sejumlah kontak BBM untuk meminjam uang sebesar 5 juta Rupiah. Salah satu yang dihubungi adalah awak redaksi SKH Koran Kaltim, Iyan. Dirinya mengatakan bahwa Mahyudin sekitar pukul delapan malam menghubunginya dan ingin meminjam uang sebanyak 5 juta Rupiah. Namun Iyan tidak mempercayainya begitu saja karena dianggap tidak mungkin seorang Wakil Ketua MPR RI sampai meminjam uang pada dirinya.

bbm-mahyudin

Karena tidak percaya, Iyan mencoba menghubungi langsung ke nomor Mahyudin. Benar saja, pria yang sebelumnya menjabat sebagai Bupati Kutai Timur tersebut membenarkan bahwa akun BBM miliknya telah diretas. Setelah ditelusuri, ternyata ada beberapa rekan Mahyudin juga menanyakan hal yang sama. Untungnya tidak ada yang langsung mempercayai pesan tersebut.

Mahyudin sendiri mengatakan bahwa semula ada kerabatnya yang mengirimkan sebuah alamat tautan. Saat dibuka, dirinya diarahkan untuk mengisi alamat email dan password BBM miliknya. Tidak lama langsung akun BBM miliknya diambil alih sang peretas. Disinyalir alamat tersebut berupa alamat palsu atau phising agar korban mau memasukkan alamat email dan password.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here