SkyTran (kredit: seconnexus)

Sebuah kota yang penuh dengan kesibukan setiap harinya pasti selalu menimbulkan macet di setiap titik jalan. Pilihan jalur transportasi darat pun bukan jalan keluar yang tepat, karena sama saja akan terjebak kemacetan yang semakin parah. Namun kali ini transportasi masa depan akan segera menjadi kenyataan, di mana kita tidak dipusingkan dengan kemacetan di jalan raya.

SkyTran (kredit: seconnexus)
SkyTran (kredit: seconnexus)

Ya, sebuah perusahaan bernama SkyTrans dari NASA Space Art kini sedang bekerja pada realisasi transportasi umum masa depan yang diklaim jauh lebih efisien, berkelanjutan, dan pastinya aman. Perusahaan telah mematenkan sistem transportasi overhead yang menggunakan basis magnev (levitasi magnetik) yaitu sebuah teknologi untuk mengangkut penumpang yang hampir tak menghasilkan polusi.

Sistem transportasi ini menggunakan sistem kendali dari komputer dan dua penumpang yang diangkut akan melesat dengan ringan. Jalur yang terbuat dari baja dan aluminium akan dipasang 6 hingga 9 meter di atas permukaan tanah. Selain itu, jalur transportasi ini memiliki tiang penyangga berukuran 18 inci. Menariknya kendaraan serta jalur kendaraan dapat menyerap tenaga surya untuk operasionalnya.

SkyTran

CEO Jerry Sanders pun mengatakan bahwa transportasi darat membutuhkan dana yang besar untuk pembangunan insfrastrukturnya dan transportasi darat selalu menimbulkan polusi udara. Selain itu, pilihan transportasi bawah tanah juga membutuhkan dana yang tak sedikit. Ia mengklaim bahwa sarana tansportasi ini lebih hemat, bahkan lebih hemat ketimbang menggunakan kendaraan pribadi.

Karena menggunakan sistem yang berbasiskan komputer, arus lalu lintas kendaraan ini dapat berjalan dengan mulus tanpa adanya kendala masalah jalur, karena sudah ditentukan oleh sistem. Penumpang dapat naik dan turun di titik yang tidak ditentukan.

“Sistem ini seperti mobil sewaan: Tidak ada aral kecuali sistem mengetahui siapa Anda,” kata Sanders.¬†“Anda dapat dikenali melalui nomor telepon, sidik jari, kartu akses cerdas khusus, dan cara-cara lainnya.” Dengan sistem ini lah, SkyTran dapat bekerja.

(rez)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here