Mozilla akhirnya secara resmi memunculkan smartphone pertama yang menggunakan Firefox OS. Handphone tersebut ditujukan untuk para developer dengan fitur yang sangat dasar.

Sebagai langkah awal, Mozilla bekerja sama dengan Geeksphone dan Telefonica untuk handphone yang disebut Keon ini. Selain itu, menurut Geeksphone, pihak Mozilla juga mengeluarkan model lain bernama Peak.

Handphone Keon pun mempunyai spesifikasi yang tak terlalu istimewa, yakni prosesor Qualcomm Snapdragon S1 1GHz, layar 3.5 inci dengan resolusi 480 x 320 piksel, RAM 512MB, memori internal 4GB, kamera 3MP, baterai 1580 mAh, GSM dan HSPA, microSD, microUSB, sensor cahaya dan proximity, GPS serta G-sensor.

Sementara itu model Peak hadir dengan layar berukuran 4.3 inci 960 x 540 piksel, prosesor dual core Qualcomm Snadpragon S4 1.2GHz, kamera 8MP, RAM 512 serta baterai 1800 mAh.

Namun, sistem operasi Firefox memang tak membutuhkan hardware yang tinggi untuk bekerja secara optimal. OS yang satu ini dibangun berbasiskan HTML5 dan bahasa pemrograman web lain. Jadi, aplikasi di dalamnya adalah web app yang didesain untuk berjalan seperti aplikasi native.

(Via Liliputing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here