Sebuah pencapaian besar kini telah disematkan oleh sebuah drone yang bernama Solar Impulse 2. Drone berbahan bakar sel surya ini telah berhasil mengarungi Samudera Pasifik, terbang dari Hawaii dan selanjutnya mendarat Mountain View, San Francisco, California, Amerika Serikat.

solar impulse 2

Jarak antara Hawaii menuju Mountain View itu sejauh 4.372 kilometer yang ditempuh selama 62 jam nonstop. Penerbangan tanpa henti ini bisa dilakukan karena drone ini merupakan drone berbahan bakar sel surya. Jadi drone ini pun sepenuhnya mengandalkan cahaya matahari untuk menyuplai sumber tenaganya.

Dalam penerbangannya, drone ini dikendalikan oleh pilot bernama Bertrand Piccard. Dan terkait pencapaian ini, Piccard pun harus berjuang mengendalikan drone Solar Impulse 2 selama tiga hari dengan durasi istirahat tidak lebih dari 20 menit.

Drone ini pun dijadwalkan melakukan penerbangan berkeliling dunia, dimulai Abu Dhabi pada bulan Maret di tahun 2015 lalu. Setelah sampai di Mountain View, drone ini dijadwalkan akan melanjutkan perjalanan berkeliling dunia lagi ke New York pada bulan Juni mendatang. Tantangan berikutnya pun harus dihadapi, yakni melintasi Samudera Atlantik yang berjarak 5738 kilometer menuju ke Eropa. Dan pemberhentian terakhir drone ini adalah di Abu Dhabi.

Dikutip dari Wikipedia, Solar Impulse 2 ini merupakan drone yang berukuran besar. Dengan panjang mencapai 22,4 meter dan tinggi 6,37 meter. Drone yang mempunyai ruang untuk satu orang pilot ini berbobot 2300 kg dan mempunyai sayap selebar 71,9 meter. Selain itu, drone ini mempunyai kecepatan maksimal mencapai 140 kilometer per jam.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here