Keren, Ini Dia Mouse Pertama Di Dunia yang Dibuat Menggunakan Bahan Kayu

Keren, Ini Dia Mouse Pertama Di Dunia yang Dibuat Menggunakan Bahan Kayu

Selain keyboard, mouse juga merupakan hardware input pada komputer yang sangat diperlukan mengingat perangkat ini bertindak sebagai navigator pada komputer. Dengan adanya mouse, Anda bisa menggerakan kursor, klik, scroll, dan lain-lain sehingga memudahkan dalam mengoperasikan komputer.

(Kredit: MAAS Collection)

Sudah sewajarnya jika perangkat yang satu ini dibuat dari bahan plastik karena ringan dan mudah untuk dibentuk, namun bagaimana jadinya jika mouse dibuat dari bahan kayu? Seperti yang dilaporkan Tech Spot, jika kita melihat sejarah, mouse pertama kali dibuat oleh Douglas Engelbart, yang merupakan seorang peneliti dari Lembaga Riset Standford pada tahun 1960.

Meski dikenal dibuat dari bahan plastik, namun siapa sangka mouse pertama kali dibuat dari bahan kayu yang dilengkapi dengan dua buah bola logam bergerigi di dalamnya. Kedua bola tersebut berfungsi untuk menggerakan mouse secara vertikal dan horizontal.

Tentu saja mouse pertama di dunia masih menggunakan sambungan kabel untuk menghubungkan ke komputer. Mouse pertama ini memiliki indikator lampu berwana merah, namun tidak ditemukan satu tombol pun pada mouse pertama di dunia. Jadi untuk perintah klik masih menggunakan keyboard.

Meski sudah ditemukan pertama kali pada tahun 1960, namun produksi massal untuk konsumen baru dimulai pada tahun 1981 oleh Xerox yang mengembangkan penemuan Engelbart sejak tahun 1972. Engelbart sendiri adalah pemegang sah hak paten atas penemuannya tersebut.

Tapi harga mouse ketika pertama kali hadir dibanderol begitu mahal, yakni sekitar US$ 20.000 atau setara dengan Rp268 jutaan. Hal ini yang membuat kehadiran mouse tidak begitu populer di awal kemunculannya. Nah, sejak tahun 80-an harga mouse kian menurun berkat beberapa perusahaan seperti Apple yang juga mengembangkan mouse dengan harga lebih murah.

Salah satu perubahan dari mouse lama dan baru adalah penggantian plat besi dengan encoder roda optik yang tentu saja lebih bebas bergerak kemanapun. Bahkan Apple juga memberikan satu buah tombol pada mouse buatannya yang bertujuan memudahkan memberi perintah. Siring dengan perkembangan zaman, kini mouse semakin terjangkau dan lebih banyak mengadaptasi terknologi terbaru.

 

NO COMMENTS

Leave a Reply