Kereta menjadi pilihan yang kerap digunakan sebagai sarana mengatasi kemacetan. Hanya saja, moda transportasi ini memiliki jalur yang terbatas, karena berjalan di atas rel. Namun, lain halnya dengan kereta terbaru yang diperlihatkan oleh negara Cina. Mereka berhasil menciptakan sebuah kereta yang dapat berjalan di atas jalan raya, selayaknya mobil dan bus.

kereta bus-1

Kereta tersebut diberi nama Autonomous Rail Transit (ART) dan telah dipamerkan untuk pertama kalinya di Kota Zuzhou, Provinsi Hunan. Dilihat dari penampilannya, kendaraan ini tidak ubahnya seperti sebuah kereta, dengan tubuh yang sangat panjang, berkapasitas mencapai 307 penumpang. Hanya saja, kereta ini dapat berjalan di jalan raya, tidak butuh keberadaan jalur rel seperti kereta lain. Sebagai gantinya, terdapat rel virtual.

kereta bus-2

Kereta ART ini merupakan kreasi dari CRRC yang ditujukan sebagai solusi mengatasi padatnya lalu lintas di pusat perkotaan. Kereta ini digadang-gadang bakal menyediakan solusi transportasi yang murah, di samping keberadaan kereta bawah tanah atau tram. Selain itu, kereta ini juga lebih ramah lingkungan karena bertenaga listrik.

kereta bus-3

Pengisian baterai pada kereta ini pun bisa dilakukan dengan cukup efisien. Pengisian selama 10 menit, bisa dipakai untuk menempuh perjalanan sejauh 25 km. Selain itu, kereta ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal pada angka 70 km per jam. Di dalamnya juga dilengkapi dengan sistem yang mampu menghindari adanya penghalang.

[embedyt] http://www.youtube.com/watch?v=Dd3N9CFKe9M[/embedyt]

Pihak CRRC pun kini tengah membangun jalur sejauh 6,5 km di Kota Zuzhou sebagai jalur transportasi kereta ini. Menurut rencana, jalur ini akan selesai pada tahun depan, sehingga kereta ini bisa dimanfaatkan secara langsung.

Hanya saja, kita perlu melihat lebih jauh lagi mengenai teknologi terbaru dari Cina ini. Seperti diketahui, beberapa waktu lalu sempat muncul bus melayang yang menawarkan solusi kemacetan. Hanya saja, bus TEB itu akhirnya mangkrak dan tidak ada kelanjutannya.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here