Selada merah yang sedang ditanam pada sebuah ruangan di pesawat luar angkasa

Pernahkah terpikirkan makanan apa yang dimakan para astronot saat sedang berada di luar angkasa? Pasti kita berpikiran bahwa makanan yang dimakan makan adalah makanan cepat saji atau dalam kemasan yang dibawa dari Bumi. Namun bagaimana jika makanan seperti sayuran tumbuh dalam pesawat luar angkasa? Hal tersebut sepertinya tidak mustahil lagi dan akan segera terwujud.

Baru-baru ini, salah satu astronot NASA, baru saja berhasil mengembangkan sebuah sayuran yang dapat tumbuh di dalam pesawat luar angkasa dan siap dimakan oleh para astronot. Sayuran yang sedang ramai dibicarakan adalah selada merah. Pada foto di bawah ini tampak selada merah yang berada dalam sebuah ruangan.

Selada merah yang sedang ditanam pada sebuah ruangan di pesawat luar angkasa
Selada merah yang sedang ditanam pada sebuah ruangan di pesawat luar angkasa (Kredit: NASA)

Proses penanamannya cukup sederhana, cukup menggunakan akar yang dibentuk menyerupai bantal yang di dalamnya terdapat biji-bijian kemudian disiram dan dirawat oleh astronot dan didukung dengan pencahayaan buatan. Untuk waktunyapun cukup singkat, dalam 33 hari, selada merah ini sudah dapat dikonsumsi oleh astronot.

Namun, tidak semua makanan yang ditanam itu mengadung bahan yang tidak berbahaya, karena proses penanamannya berbeda dibandingkan dengan di Bumi. Selain itu juga perlu diuji terlebih dahulu di Bumi untuk kandungan yang terdapat pada sayuran tersebut. Hal ini dibenarkan oleh salah satu ilmuwan dari NASA, Gioia Massa, dia mengatakan bahwa para astronot ini perlu suplai makanan yang memadahi saat sedang melakukan ekspedisi. Semakin mereka jauh melakukan ekspedisi, semakin banyak pula kebutuhan sayuran mereka yang harus dipenuhi agar kondisi badan tetap terjaga.

Selain itu, dia juga menambahkan bahwa kegiatan bertanam di pesawat luar angkasa ini dapat menjadi mood booster para astronot yang sedang melakukan ekspedisi jauh karena di luar angkasa, mereka seperti terisolasi dan susah berkomunikasi dengan penduduk di Bumi.

Keren ya, lama-lama bisa semua tanaman ditanam di luar angkasa nih.

Via: International Business Times

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here