kredit: Glamour

Berbagai produk dengan embel-embel smart kini mulai dikembangkan oleh perusahaan besar dunia. Tak terkecuali adalah smart clothes yang bakal dibuat oleh Google yang bekerjasama dengan Levi Strauss.

kredit: Glamour
kredit: Glamour

Baju pintar yang merupakan hasil kolaborasi antara Google dan Levi’s itupun bakal dibuat dengan kain khusus yang bakal mempunyai kemampuan selayaknya sebuah layar sentuh. Kain tersebut pun bisa dibuat dari berbagai macam bahan, baik kain dengan bahan sutra ataupun wool.

Untuk bisa membuat kemampuan seperti layar sentuh, kain ini memanfaatkan sinyal konduktif yang ditransmisikan oleh sebuah komponen elektronik berukuran kecil. Kemampuan konduktivitas tersebut pun bisa diatur sesuai dengan keinginan desainer baju. Bisa dipakai pada seluruh bagian pakaian atau bisa pula didesain untuk berfungsi pada bagian tertentu.

Proyek pengembangan smart clothes mempunyai nama Proyek Jacquard. Dan menariknya, meskipun mempunyai embel-embel smart, pakaian pintar ini bakal bisa dicuci seperti layaknya sebuah pakaian biasa. Dan karena ada embel-embel smart, maka pakaian inipun bisa difungsikan untuk melakukan panggilan ataupun menulis pesan.

via PCWorld

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here