Setelah proliferasi smartphone dan melihat keberhasilan Android dan iOS, banyak perusahaan memutuskan bahwa mereka juga akan mencoba untuk menciptakan sebuah platform mobile milik mereka sendiri yang bertujuan untuk mengambil alih industri. Sayangnya hingga sekarang belum ada yang berhasil untuk itu, dan salah satu upaya dari mereka adalah Sailfish OS dari Jolla.

Sailfish OS

Jolla telah mengumumkan bahwa mereka sekarang mendukung Open Devices Program dari Sony. Ini berarti bahwa perusahaan akan merilis OS Sailfish untuk berbagai perangkat dengan brand Sony Xperia. Ini berarti bahwa untuk pemilik perangkat Sony Xperia X, mereka akan memiliki pilihan di masa depan untuk menggunakan Sailfish OS pada smartphone mereka, bukan Android jika mereka memilih untuk itu.

Tentu saja akan ada batasan-batasan ketika pengguna memilih untuk menggunakan Sailfish OS, dimana Anda mungkin tidak bisa mendapatkan fitur atau aplikasi yang sering Anda gunakan pada perangkat Android, sehingga dalam kenyataannya ini tampaknya lebih ditujukan pada pengembang dan pengoprek yang ingin tahu apa saja yang ditawarkan Sailfish OS.

Menurut Karl-Johan Dahlstrom, Direktur Program Pengembang Sony, “Kami mendukung inovasi dan pengembangan pada platform open-source kami. Tujuan keseluruhan dari Open Devices Program adalah untuk membangun ekosistem yang paling kuat dari pengalaman software yang unik untuk pengguna tingkat lanjut dan pengembang -. Dan berkolaborasi dengan Jolla hanya akan berfungsi untuk lebih memperkuat penawaran itu.” Rilis pertama diperkirakan berlangsung pada akhir kuartal kedua 2017, seperti yang dikutip dari siaran pers.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here