Ilustrasi (Kredit: Tecnoandrodi)

Belakangan ini produsen chipset MediaTek tampak belum meluncurkan produk terbarunya, namun siapa sangka perusahaan asal Taiwan ini tengah mempersiapkan rencana untuk tahun depan. Selain itu, baru-baru ini Apple juga dikabarkan bakal mengadopsi Modem milik MediaTek untuk iPhone generasi selanjutnya. Tak cukup itu saja, karena MediaTek kini juga menjalin kemitraan dengan raksasa teknologi Google.

Ilustrasi (Kredit: Tecnoandrodi)

Menurut laporan Phone, Google bakal memberikan izin kepada perusahaan untuk menawarkan pre-tested, pre-certified dan fully compliant build dari sistem operasi Android dan Google Service. Kemudahan ini bisa diperoleh bagi produsen smartphone yang ingin menggunakan chipset buatan MediaTek.

MediaTek mencuri perhatian ketika mengumumkan makalahnya sebagai produsen pertama yang sepenuhnya menawarkan GMS Express. Itu adalah sebuah program yang diumumkan oleh raksasa Google, dimana program ini dibuat untuk menawarkan produsen perangkat mendapat persetujuan Software Android dan keseluruhan portofolio Google Service.

Adanya pengumuman tersebut akan mengurangi waktu kompabilitas software dan adatapsi terharap handsetnya. Pada dasarnya proses tersebut memakan waktu tiga bulan, namun bisa berkurang menjadi satu bulan dengan pengumuman baru ini. Perusahaan juga memastikan bahwa konsumen akan menerima patch keamanan Google secara bulanan. Saat ini sulit untuk menemukan perangkat dengan chipset Mediatek yang menerima patch Android bulanan.

Tentu itu merupakan langkah cerdas yang dilakukan oleh MediaTek dan Google. Selama bertahun-tahun perangkat MediaTek kurang diminati karena terganggu kurangnya pembaruan untuk software yang dijalankan. Untuk kedepannya hal ini akan berubah secara progresif dan produsen smartphone akan bertanggung jawab untuk memastikan perangkat mendapatkan software yang diperbarui.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here