kerv-smart-ring-uk

Lupakan smartphone atau bahkan smartwatch untuk membantumu membayar barang secara non-tunai. Kini telah hadir Smart Ring, cincin pintar pertama dengan teknologi Near Field Communication (NFC) yang lebih kecil, eye-catching dan tentu saja sangat praktis sebagai alat pembayaran.

Walaupun masih eksklusif dijual di UK dengan harga sekitar $120 atau Rp. 1,6 juta, Kerv punya potensi besar untuk bisa melebarkan sayap. Bekerjasama dengan MasterCard, Kerv mempunyai berbagai kelebihan dalam pembayaran seperti cafe dan supermarket yang menerima contacless payment, serta membayar angkutan umum di London. Bahkan kita bisa mengendalikan perangkat pintar dengan NFC seperti pintu otomatis, dan mengirim kontak ke smartphone sahabat.

Selain itu Smart Ring ini mempunyai desain yang kuat, anti rusak dan water-resistant dengan pilihan 14 kombinasi warna berbeda. Bahkan dengan teknologi NFC, kita tidak perlu repot-repot mengisi baterai di Kerv Smart Ring! Berikut video official selengkapnya dari Kerv:

 

Masalah dengan NFC Ring

Sebelumnya NFC Ring yang juga berbasis di UK telah membuat cincin pintar pertama yang dipakai untuk pembayaran oleh para atlit Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro. Bedanya, NFC Ring bekerjasama dengan Visa dan masih membutuhkan koneksi dengan smartphone Android milik pengguna.

NFC Ring menuding Kerv menggunakan teknologinya untuk membuat Smart Ring lain, kemudian bekerjasama dengan MasterCard. Tetapi (tentu saja) ditolak oleh Kerv yang mengklaim bahwa Smart Ring mereka lebih maju, sebab sudah bisa berjalan tanpa pairing dan PIN.

kerv-smart-ring-cincin-pintar

Kabar terakhir menyebutkan, klaim orisinalitas teknologi ini hanya bisa dibuktikan lewat penjualan di luar Inggris. NFC Ring menantang Kerv menjual produknya di US. Bila mereka masih belum punya rencana juga untuk menjualnya di luar Inggris, maka Kerv harus mengakui bahwa klaim Smart Ring untuk metode pembayaran pertama di dunia adalah milik NFC Ring.

Hmmm, ternyata ada persaingan panas demi mempertahankan teknologi Smart Ring ini. Siapa ya kira-kira yang bisa terus maju sampai ke Indonesia?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here