Untuk pertama kalinya, pesawat terbesar di dunia berhasil lepas landas pada akhir pekan lalu. Sebuah perusahaan peluncuran roket, Stratolaunch telah mengerjakan pesawat terbesar di dunia (dengan lebar sayap) dan akan menjadi yang terbesar untuk beberapa waktu sekarang ini. Pesawat tersebut memiliki sayap selebar 385 kaki atau 117 meter dan dengan berat 500.000 pound atau sekitar 226 ton. Uji lepas landas pertama berlangsung di Mojave Air and Space Port di Mojave, California.

Pesawat ini tidak dimaksudkan untuk menjadi pesawat penumpang komersil, melainkan dirancang khusus untuk meluncurkan roket ke orbit dari udara. Penerbangan pertama dari pesawat ini berlangsung selama lebih dari dua jam, setelah itu pesawat mendarat dengan selamat menurut Stratolaunch.

Pesawat dengan dua badan pesawat ini telah dirancang untuk terbang pada ketinggian 35.000 kaki dan dari tempat itu dapat menjatuhkan roket yang kemudian menyalakan mesin roket tersebut untuk kemudian mendorong diri mereka ke orbit. Namun untuk lepas landas uji pertama kali ini tidak ada roket yang diangkut pesawat ini tetapi setidaknya satu perusahaan, Northrop Grumman, telah mendaftar dengan Stratolaunch untuk menembakkan roket Pegasus XL-nya ke ruang angkasa menggunakan platform ini.

Menurut pilot uji Evan Thomas “Penerbangan itu sendiri mulus, yang persis seperti yang Anda inginkan untuk penerbangan pertama,” dan dia menambahkan bahwa “Terbang sangat mirip dengan yang kami lakukan simulasi dan seperti yang kami prediksi.” 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here