Derasnya arus informasi melalui internet, sering kali dianggap ancaman bagi para orang tua yang khawatir konten-konten negatif di internet dikonsumsi secara bebas oleh anak-anak. Untuk membatasi anak ketika berselancar di internet, kini ada layanan mesin pencari baru yang sangat aman diakses oleh anak di bawah umur.

Kiddle

Kiddle.co, merupakan search engine ala Google namun dengan kemampuan menyaring konten yang tidak pantas untuk anak-anak. Mesin pencari ini memiliki desain yang lucu, dengan latar belakang luar angkasa dan robot. Mesin pencari ini menggunakan teknologi Safe Engine milik Google untuk menyaring konten-konten dewasa.

Meski memiliki tampilan mirip Google dan menggunakan penyaring milik Google, namun mesin pencari ini bukanlah bagian dari Google. Informasi yang ditampilkan pada hasil pencarian juga mirip dengan Google, di mana ada pilihan web, gambar, video, dan berita. Namun tenang saja, semua hasil yang ditampilkan tidak mengandung konten negatif meski kita memasukan kata kunci negatif.

Jadi bagi orang tua kini tak perlu khawatir ketika anak-anak mencari informasi di internet dengan menggunakan mesin pencari ini. Tiap halaman pada hasil pencarian menapilkan informasi yang berbeda-beda, halaman pertama sampai ketiga akan menampilkan situs aman untuk anak, situs keempat sampai ketujuh akan ditulis dengan bahasa sederhana. Sedangkan situs kedelapan hingga sisanya akan menampilkan situs yang ditulis khusus untuk dewasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here