Untuk ketiga kalinya secara berturut turut, Tianhe-2 diyatakan sebagai superkomputer tercepat di dunia. Duduk di posisi pertama dari 500 daftar superkomputer. Ini merupakan hasil dari konferensi superkomputer internasional yang diadakan di Jerman senin lalu.

Tianhe-2 merupakan proyek besar China’s National University of Defense Technology. Tianhe-2 Lebih cepat dari pendahulunya, Tianhe-1A.┬áKetika memproses data, superkomputer tercepat di dunia ini mampu melesat dengan kecepatan 33,86 petaflops. 1 petaflops = 1.000.000.000.000.000/detik. kecepatan 33,86 petaflops ini sebanding dengan kecepatan 33.860 kalkulator.

super komputer tianhe 2

Cina memang berprestasi berada di puncak daftar 500 superkomputer tercepat, tetapi kebanyakan dari 500 superkomputer tersebut adalah milik Amerika. Dengan selisih yang jauh, di posisi dua ada Cina, lalu di susul Inggirs, Prancis dan Jerman dibelakangnya.

Hampir semua 500 superkomputer itu menggunakan multiprocessor yang dimana 85% menggunakan processor Intel. Yang perlu diperhatikan di sini, Tidak menutup kemungkinan bahwa ada superkomputer yang jauh lebih cepat yang dirahasiakan pengguannya oleh negara tertentu, terutama Amerika dan Rusia.

via Mashable

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here