huawei-hikey-96

Sebelumnya, bagi para akademisi lingkungan pendidikan, para kreatif, developer, dan para pembuat proyek DIY (Do It Yourself), sistem minimum komputer single-board seperti Raspberry Pi pasti dikenal dan menjadi idola. Kali ini sepertinya kepopulerannya akan diganggu oleh Huawei HiKey 960 yang dibuat dengan kerjasama Google dan Huawei.

Yang menarik dari sistem ini adalah HiKey 960 sudah dibekali Huawei Kirin 960 octa-core ARM® big.LITTLE™ dengan empat core ARM Cortex®-A73 dan empat core Cortex-A53. Mempunyai RAM 3GB, Flash memori penyimpanan 32GB UFS 2.1 dan grafis Mali™ G71 MP8. Sistem ini bahkan mirip dengan “jeroan” produk Huawei Mate 9!

Terlihat pula di HiKey 960 ada konektivitas HDMI 1080p, USB 3.0, USB-C, serta Wi-Fi dan Bluetooth 4.1. Lengkap pula dengan soket 40-pin dan 60-pin yang bisa kita pasangkan dengan perangkat lain seperti kamera atau sensor tertentu. Artinya, sebenarnya kamu sudah bisa mencoba membuat tablet atau laptop “masa kini” sendiri lewat perangkat ini!

Komputer mini yang berjalan di sistem Linux ini ditargetkan untuk memfasilitasi para developer yang ingin mengembangkan produk langsung di platform ARM mobile. Bukan di perangkat komputer semacam Windows lagi. Ini akan mempermudah pengembangan hardware yang diinginkan.

Bila sahabat ingin membuat proyek nyata dengan HiKey 960 ini, kamu bisa mendapatkannya dengan harga $240 atau setara 3,2 juta rupiah. Lebih mahal dari Raspberry Pi memang. Tetapi kemampuan hardware HiKey 960 ini memang tak bisa dibohongi. Siapa tahu, dengan SoC ini, ada yang berhasil membuat komputer portabel atau konsol game sendiri dari Indonesia? Siapa tahu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here