Meski jaringan 4G LTE belum merata di Indonesia, kini kabarnya penerus jaringan tersebut, 5G tengah dikaji oleh salah satu perusahaan operator seluler ternama di Amerika Serikat, Verizon. Seperti kita ketahui, jaringan internet dari Google, Google Fiber memiliki kecepatan 1Gbps. Namun kecepatan tersbut akan mnejadi tidak berarti dengan hadirnya era 5G nanti.

5g-0

Mengutip wawancara dari CNet, Rabu (9/9/2015), dengan Roger Gurani selaku Kepala bagian Informasi dan Teknologi operator seluler Verizon, kabarnya mereka akan mengadakan tes di lapangan pada tahun 2016 mendatang, dan berharap dapat digunakan pada 2017. Verizon menargetkan bahwa pada tahun 2020 nanti, jaringan 5G sudah dapat dinikmati oleh perusahaan atau perkantoran.

Roger juga mengatakan bahwa jaringan 5G ini diklaim lebih cepat 30 hingga 50 kali daripada jaringan 4G LTE. Dengan koneksi 4G LTE, untuk mengunduh file sebesar 9GB perlu waktu sekitar 6 menit, dengan koneksi 5G, file tersebut dapat diunduh hanya dalam waktu 15 detik, fantastis bukan?

Kecepatan internet dari Google Fiber
Kecepatan internet dari Google Fiber

Verizon pun didukung oleh 2 negara, yakni Korea Selatan dan Jepang. Korea Selatan berharap pada Verizon dapat memberikan uji coba pada tahun 2018 mendatang, yang kebetulan bertepatan dengan acara Olimpiade musim dingin karena Korea Selatan menjadi tuan rumah pada acara akbar ini. Selain itu, Jepang juga meminta hal yang sama pada tahun 2020, karena Jepang juga menjadi tuan rumah di acara Olimpiadi musim panas.

Mungkin masih terlalu dini untuk peluncuran secara komersil, mengingat di Indonesia sendiri jaringan 4G LTE hanya bisa dinikmati di daearah tertentu. Mungkin untuk efektif penggunaan, jaringan 5G ini akan merata ke seluruh dunia pada 2025.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here