Nintendo Wii U

Nintendo merupakan perusahaan yang menggeluti dunia game sejak puluhan tahun lalu. Kini kabarnya mereka tengah mempersiapkan konsol video game terbaru yang diharapkan meluncur tahun ini. Konsol video game terbaru dari Nintendo ini kemungkinan dua konsol yang menjadi satu.

Nintendo Wii U
Nintendo Wii U

Konsol terbaru dari perusahaan akan bernama Nintendo NX yang kabarnya tak hanya akan menjadi sebuah konsol game saja, namun akan disertai pula dengan perangkat genggam (handheld) yang terdiri dari beberapa bentuk.

Menurut kabar, gameplay akan mengalir dari konsol game Nintendo NX ke perangkat genggam Nintendo NX. Hal ini terdengar seperti konsol Wii U yang memiliki handheld wireless sebagai kontrol gameplay.

Sedangkan menurut analis senior Macquarie Research Jepang, David Gibson mengatakan bahwa Nintendo NX mungkin bisa terhubung dengan perangkat mobile seperti smartphone, misalnya. Gibson menunjukkan kemungkinan bahwa konsol tersebut dapat terhubung dengan gadget lain seperti PC, atau bahkan konsol dari kompetitornya.

Slide presentasi dari Investor Nintendo yang mengungkapkan proyek Nintendo NX
Slide presentasi dari Investor Nintendo yang mengungkapkan proyek Nintendo NX (Kredit: Nintendo)

Konsol game yang dapat terhubung dengan dengan perangkat mobile atau perangkat handheld memang bukan hal yang baru. Sebelumnya, Nintendo memiliki perangkat yang memiliki fitur tersebut, yakni Gampepad Wii U. Namun Ninteno Wii U mencetak angka penjualan terburuk dari semua konsol game yang pernah mereka luncurkan.

Namun mengingat perangkat mobile, seperti smartphone sangat mudah ditemui, hal ini bisa membantu adopsi konsol lebih cepat. Selain itu, ada juga spekulasi yang berpendapat karena Nintendo meluncurkan sistem akun, kemungkinan itu berhubungan dengan rencana konsol terbaru ini.

Hingga saat ini, informasi mengenai Nintendo NX hanya sebatas rumor dan spekulasi dari para analis. Namun diharapkan bahwa Nintendo akan mengungkapkan konsol terbarunya paling tidak di ajang E3 2016 yang berlangsung pertengahan tahun ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here