Nikon baru saja memperoleh tamparan keras terkait kontes fotografi yang baru saja mereka adakan. Bagaimana tidak, dalam kontes fotografi tersebut, Nikon ternyata memilih pemenang yang pada akhirnya diketahui menggunakan gambar hasil Photoshop alias gambar editan. Sontak hal ini pun membuat Nikon jadi korban bully oleh para fotografer dari berbagai penjuru dunia.

pemenang nikon

Tak hanya memilih foto editan sebagai pemenang kontes fotografi, Nikon cabang Singapura bahkan menyebut gambar pemenang tersebut sebagai hasil foto yang impresif. Dikutip dari Petapixel, Nikon pun menuliskan kalau fotografer tersebut berhasil menangkap momen yang sempurna, di mana nampak sebuah pesawat terkurung dalam bingkai sebuah tangga yang ada di Chinatown.

godzilla

Para fotografer dari berbagai penjuru dunia pun langsung bereaksi terhadap penunjukan foto hasil editan sebagai pemenang kontes. Terlebih nampak jelas terdapat kotak putih yang ada di sekitar pesawat, mengindikasikan kalau pesawat dalam foto ini merupakan hasil editan. Bukan murni jepretan kamera. Mereka pun berlomba-lomba mengedit foto pemenang tersebut menjadi berbagai gambar yang konyol. Mulai dari kemunculan Godzilla dalam foto hingga munculnya wajah Darth Vader.

darth vader

Pemilik gambar hasil editan itu sendiri awalnya mengatakan kalau dia beruntung bisa menangkap foto pesawat dalam bingkai sebuah tangga. Namun setelah ramai aksi protes terhadap penunjukan fotonya sebagai pemenang kontes, pria tersebut pun akhirnya mengakui kalau dirinya memang menggunakan aplikasi edit foto PicsArt untuk menghasilkan gambar tersebut.

Dalam akun Instagramnya, fotografer tersebut tak lupa mengucapkan permintaan maafnya kepada Nikon. Terlebih lagi dia juga meminta maaf kepada para fotografer lain terkait penggunaan foto hasil editan dalam kontes fotografi yang diadakan Nikon.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here