Saat ini teknologi jaringan 4G belum secara merata hadir di seluruh wilayah Indonesia. Pun halnya jaringan 3G yang notabene mempunyai akses kecepatan lebih rendah dibandingkan 4G. Dan nampaknya, teknologi di Indonesia akan semakin tertinggal karena negara maju di dunia kini sudah beramai-ramai mengembangkan teknologi 5G.

Menurut laporan dari WSJ, Pemerintah Korea Selatan bersama dengan Uni Eropa telah melakukan kerjasama dalam pengembangan sistem teknologi jaringan 5G. Mereka akan membuat standar teknologi serta persiapan radio frekuensi agar pemanfaatan teknologi 5G bisa dilakukan dengan lebih mudah di masa mendatang.

5G

Kehadiran teknologi jaringan 5G ini pun bakal memberikan peningkatan secara drastis dalam hal kecepatan data internet. Sebagai gambaran, jaringan 4G memungkinkan kecepatan download video HD berdurasi satu jam dengan waktu sekitar lima menit. Dengan teknologi 5G, video HD berdurasi 1 jam tersebut bisa diunduh hanya dalam hitungan detik.

Korea Selatan saat ini dikenal sebagai negara dengan kecepatan rata-rata internet tertinggi di dunia. Pada Januari lalu, pemerintah negeri ginseng ini berencana untuk menjadi negara pertama yang memperkenalkan teknologi 5G. Bahkan mereka mengklaim kalau teknologi itu akan bisa digunakan secara massal pada tahun 2020.

via ZDnet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here