You are currently viewing KPU Surabaya Luncurkan Aplikasi Pilwali, Masyarakat Tak Perlu Bingung Cari Lokasi TPS

Kecanggihan teknologi semakin membuat kita untuk terus berinovasi dalam rangka menciptakan sesuatu yang memudahkan kegiatan sehari-hari. Seperti halnya dalam pencarian informasi, internet sangat berpengaruh penting dalam hal ini. Sama seperti yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya, yang kabarnya memiliki aplikasi Pilkada, sebagai sumber informasi untuk para pemilih nantinya.

kpu-surabaya

Langkah yang dilakukan oleh KPU Kota Surabaya ini bisa dibilang sangat cerdas karena masyarakat sekarang tidak bisa lepas dari smartphone. Pada aplikasi yang bernama “KPU Kota Surabaya” dirilis untuk pengguna smartphone bersistem operasikan Android. Pada aplikasi ini kita bisa melihat berita terkini tentang pilkada di Kota Surabaya, bahkan juga bisa mengetahui apakah sudah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau belum.

Untuk proses pengecekannya pun mudah, cukup arahkan ke menu “Cek Daftar Pemilih” dan kemudian akan ditampilkan sebuah kolom bertuliskan NIK. Nah kita cukup memasukan Nomor Induk Kependudukan, yang tertera di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

pilkada-0

Ketua KPU Kota Surabaya, Robiyan Arifin mengatakan bahwa, dengan adanya aplikasi ini, selain mempermudah para DPT untuk mengetahui di lokasi mana TPS berlangsung, juga mengetahui apakah warga sudah terdaftar apa belum. Jika belum, warga cukup melapor ke petugas setempat agar dirinya segera didaftarkan dan diproses.

pilkada-01

Robiyan juga menambahkan bahwa KPU Kota Surabaya adalah satu-satunya di Indonesia yang melakukan cara ini. Bahkan untuk sekelas kota-kota besar di Jawa masih belum ada, kecuali Kota Surabaya.

(ND)

Nandana Dwitiya

Seorang penulis yang selalu tertarik dan kagum dengan perkembangan teknologi (terutama perkembangan hardware komputer). Pengguna perangkat iPhone 5s yang masih setia di iOS 9.0.2 karena bisa di Jailbreak (hahaha). Penggemar game dengan genre RPG dan FPS, saat ini lebih tertarik bermain game pada perangkat komputer dan smartphone. Hobi bersepeda santai dan bermain airsoft gun dengan unit M4

Leave a Reply