laptop pertama dunia, Compass buatan John Ellenby
laptop pertama dunia, Compass buatan John Ellenby

Dunia kini harus ditinggalkan oleh salah satu sosok yang mempunyai jasa besar dalam perkembangan teknologi. Sosok tersebut adalah John Ellenby yang diketahui meninggal dunia pada awal bulan ini di usia 75 tahun. Belum diketahui penyebab kematian Ellenby.

laptop pertama dunia, Compass buatan John Ellenby
laptop pertama dunia, Compass buatan John Ellenby

Ellenby yang dikenal sebagai CEO dari Grid Systems merupakan sosok yang dikenal luas sebagai kreator laptop pertama dunia, Compass. Laptop Compass yang diciptakan oleh Ellenby di tahun 1982 itu tentu saja mempunyai bentuk jauh berbeda dengan kondisi laptop sekarang.

Laptop Compass mempunyai desain layar yang kecil dengan ukuran yang tebal. Tak hanya itu, laptop Compass juga dijual dengan harga yang sangat mahal, mencapai 8.150 USD atau setara 108 juta rupiah. Compass pun menjadi perangkat elektronik yang populer, banyak digunakan perusahaan serta lembaga pemerintah.

Selain dikenal sebagai sosok kreator laptop pertama dunia, Ellenby juga dikenal sebagai sosok yang pernah bekerja untuk Xerox. Tak hanya itu, Ellenby juga dikenal sebagai salah satu orang yang terlibat dalam pengembangan komputer desktop Alto II.

Sosok mendiang Ellenby memang kalah populer jika dibandingkan dengan tokoh yang berjasa di bidang teknologi dunia lain. Namun jasa seorang Ellenby tentu saja tidak bisa dimungkiri lagi. Terlebih sepuluh tahun setelah peluncuran Compass, laptop mulai dikenal luas dengan kehadiran ThinkPad milik IBM ataupun PowerBook dari Apple.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here