KS-PRO, Laptop Windows 10 yang Bakal Hadir dengan Prosesor Berbasis ARM Snapdragon 835

Anda tentu ingat dengan keberadaan OS Windows RT, sebuah sistem operasi dari Microsoft untuk perangkat berbasis ARM. Diluncurkan pada tahun 2012, Microsoft pun sudah menghentikan dukungan untuk OS tersebut pada bulan Januari 2016.

KS-PRO-3

Menariknya, pada tahun 2017 ini, Microsoft mengungkapkan kalau mereka akan melakukan langkah serupa. Kegagalan Windows RT ternyata tidak membuat Microsoft mundur. Bahkan, Microsoft berjanji kalau perangkat Windows 10 berbasis ARM bakal diperkenalkan pada pertengahan kedua tahun 2017.

KS-PRO-1

Salah satu perangkat yang kemungkinan bisa dijumpai di pasaran dalam rentang waktu tersebut adalah KS-PRO. Perangkat ini tengah dalam masa penggalangan dana di Indiegogo. Berbeda dengan laptop Windows 10 lain yang menggunakan prosesor X86, komputer ini siap hadir dengan prosesor berbasis ARM dari Qualcomm, yakni Snapdragon 835.

Laptop ini memiliki layar AMOLED yang berukuran kecil, cuma 8 inci dengan resolusi yang super, 2560 x 1440 pksel. Di dalamnya, akan terdapat RAM sebesar 8 GB, storage berkapasitas 128 GB, serta baterai sebesar 10.300 mAh. Tidak lupa, laptop ini mendukung teknologi Quick Charge 4.0, WiFi, Bluetooth, NFC, serta berbagai jenis konektivitas lain.

KS-PRO-2

Ada hal untuk yang tampak pada perangkat ini. Alih-alih menggunakan touchpad, KS-PRO ini memakai keyboard QWERTY yang di bagian tengahnya terdapat pointing stick. Hal ini mereka lakukan untuk meminimalkan ukuran laptop.

Laptop ini akan disediakan dalam dua versi, yakni Windows 10 dan Android. Masing-masing dipatok dengan banderol sebesar 600 USD dan 450 USD. Kalau penggalangan dana berhasil mencapai target sebesar 300 ribu USD, perangkat ini akan bisa diperoleh pada Januari 2018.

(BHK)

Share This Post