Periode ketiga tahun ini menjadi momen yang sangat menggembirakan bagi produsen komputer asal Cina, Lenovo. Pada periode kali ini, Lenovo berhasil mengalahkan Hewlett-Packard sebagai produsen PC terbesar di dunia. Hal ini cukup bersejarah, karena HP menjadi produsen PC nomor satu di dunia sejak kuartal keempat tahun 2006.

Hal ini diungkapkan oleh lembaga penelitian pasar Gartner. Dalam data milik mereka, Lenovo berhasil memperoleh peningkatan jumlah penjualan sebesar 10 persen tiap tahunnya. Di sisi lain, HP mengalami penurunan sebesar 16 persen. Pun demikian dengan Dell, yang sama-sama berasal dari Amerika Serikat, juga mengalami penurunan sebesar 14 persen.

Secara keseluruhan, hingga kuartal ketiga tahun 2012 ini, total telah terjual sebanyak 87.5 juta unit komputer. Jumlah ini mengalami penurunan sebesar 8.3 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Analis Gartner, Mikako Kitagawa mengatakan bahwa masa ini merupakan masa transisi sebelum peluncuran OS Windows 8 dari Microsoft.

Sementara itu, para produsen elektronik yang berbasis di Amerika Serikat berhasil menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Tiga produsen asal Amerika, HP, Dell dan Apple menduduki tiga peringkat teratas sebagai produsen dengan tingkat penjualan komputer terbanyak.

Perhitungan yang dilakukan oleh Gartner ini meliputi segala jenis komputer, termasuk notebook atau netbook. Namun, Gartner tidak memasukkan tablet dalam prediksi mereka ini.

(Via ZDnet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here