Tingkat penjualan handphone seri Lumia milik Nokia ternyata masih kurang menggembirakan. Pada kuartal ketiga di tahun 2012 ini, perusahaan yang berbasis di Finlandia tersebut hanya mampu menjual sebanyak 2.9 juta unit. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan dengan periode sebelumnya yang mencapai angka 4 juta unit.

Secara keseluruhan, Nokia mampu menjual sebanyak 6.3 smartphone. Dengan 2.9 juta unit di antaranya adalah Nokia Lumia, hal ini berarti smartphone berbasis Symbian masih lebih diminati dibanding Nokia Windows Phone, dengan angka penjualan sebanyak 3.4 juta unit.

Selain itu, dengan munculnya Nokia Lumia, tingkat penjualan handphone berbasis Symbian sebenarnya mengalami penurunan. Dan, harga rata-rata penjualan Nokia mengalami kenaikan, dari 151 euro menjadi 155 euro. Sayangnya, harga penjualan rata-rata untuk Lumia mengalami penurunan drastis. Pada kuartal pertama, sebesar 220 euro turun ke angka 186 euro pada kuartal kedua dan yang terakhir mencapai angka 160 euro pada kuartal ketiga.

Rendahnya tingkat penjualan handphone ini pun diakui sebagai masalah yang cukup berat bagi perusahaan. “Q3 merupakan kuartal yang berat untuk bisnis devices dan layanan kami,” ujar CEO Nokia, Stephen Elop.

Sementara itu, handphone Nokia Asha yang dikategorikan sebagai feature phone memiliki tingkat penjualan yang konstan, dengan pendapatan sebesar 76.6 juta USD. Jumlah tersebut mengalami peningkatan sebesar 4 persen dibandingkan kuartal terakhir. Namun, jika dikomparasikan dengan kuartal yang sama pada tahun lalu, jumlah tersebut menurun sebesar 15 persen.

(Via Phonearena)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here