Mungkin sebagian dari Anda masih memiliki perangkat komputer jadul dengan spesifikasi yang bisa dibilang sudah uzur untuk saat ini. Anda merasa sangat sayang sekali bila dijual karena mungkin komputer jadul tersebut telah membantu Anda dalam menyelesaikan tugas kantor, atau mungkin peninggalan orang terdekat Anda.

lakka-linux-0

Nah bagi Anda yang bingung cobalah gunakan perangkat komputer tersebut dan sulap menjadi sebuah konsol game. Seperti yang dikutip dari fossBytes, Rabu (27/1/2016), disebutkan bahwa ada sebuah distro Linux yang mampu merubah perangkat komputer lawas Anda menjadi perangkat layaknya konsol game. Adalah Lakka, sebuah distro linux yang kabarnya sangat ringan, sehinga dapat digunakan pada perangkat komputer lawas dengan spesifikasi yang pas-pasan.

Berbasiskan OpenELEC dengan menggunakan perangkat lunak open source, Kodi, tampilan antarmuka dari Lakka ini mirip sekali dengan perangkat konsol PlayStation 4 atau PlayStation 3. Yang menjadi daya tarik dari Lakka adalah dukungan hardware yang sangat luas, dapat melakukan video streaming, serta sudah mendukung penggunaan gamepad. Lakka sendiri adalah emulator yang menggunakan RetroArch, namun dengan dukungan platform yang lebih banyak dan memiliki tampilan yang simpel namun memanjakan.

Untuk perangkat yang didukung, hampir semua perangkat komputer bisa mencicipi Lakka. Bahkan sekelas komputer single board seperti Raspberry Pi, Cubieboard dan Banana Pi juga dapat menikmati Lakka. Ukurannya bisa terbilang kecil, yaitu tidak lebih dari 200MB. Game yang didukung oleh Lakka adalah game retro seperti SNES hingga PlayStation.

Tertarik mencoba dan menyulap perangkat komputer lawas Anda menjadi sebuah perangkat layaknya konsol game?

(ND/fossBytes)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here