Salah satu teknik fotografi yang tidak asing ditelinga kita adalah foto dengan efek bokeh alias blur pada bagian background. Pengambilan foto ini banyak digunakan para fotografer pemula hingga profesional, agar hasil foto nantinya nampak menawan. Namun ternyata, untuk menghasilkan foto bokeh yang halus, diperlukan lensa kamera yang mumpuni juga.

lowa-lensa-0

Seperti lensa dari Laowa 105mm f/2 berikut ini yang baru saja dirilis. Dilansir dari PetaPixel, Minggu (13/3/2016), disebutkan bahwa lensa buatan perusahaan asal Tiongkok, Venus Optics, ini dapat menghasilkan foto bokeh yang sangat indah dan halus. Diberi nama Bokeh Dreamer, lensa ini dibekali dengan “apodization element” (APD) untuk menghasilkan foto bokeh yang sangat menarik.

lowa-lensa-01

Berjenis full frame, lensa dengan dibekali fitur APD ini bakal menyaring cahaya yang masuk, sehingga objek foto yang diambil nampak lebih tajam. Bahkan dengan adanya APD ini mampu memperhalus bagian background yang menjadi blur alias bokeh.

lowa-lensa-02

Kabarnya lensa Laowa 105mm f/2 ini bakal mulai dikapalkan pada bulan April mendatang. Dengan mendukung semua jenis kamera seperti kamera dengan dudukan lensa, Nikon F, Canon EF, Sony Alpha, Pentax K, dan Sony FE, bisa dipastikan lensa ini bisa menjadi pilihan yang patut dilirik. Untuk harganya sendiri, Venus Optics mematok harga sebesar 699 USD atau sekitar 9 juta Rupiah.

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here