Akses internet cepat di Indonesia nampaknya masih jauh tertinggal dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Dalam laporan terbaru yang dirilis oleh Akamai, Indonesia menempati posisi 118 di seluruh dunia untuk kategori kecepatan rata-rata internet. Sementara di Asia Tenggara, Indonesia nangkring di posisi terbawah pada kategori yang sama.

kecepatan rata-rata

Dalam laporan Q3 2013 tersebut, hanya ada enam negara Asia Tenggara yang masuk survei Akamai. Enam negara tersebut adalah Singapura, Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina dan yang terakhir adalah Indonesia.

Survei tersebut menunjukkan bahwa Indonesia memiliki rata-rata kecepatan sebesar 1.5Mbps, terdapat kenaikan sebesar 26 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sayangnya, jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, terdapat penurunan sebesar 14 persen.

Indonesia tak hanya memperleh raport buruk di tingkat Asia Tenggara. Di level Asia, Indonesia juga lagi-lagi harus memperoleh peringkat yang tak lebih baik. Dalam data tersebut, Indonesia hanya posisi lebih baik dari India yang memiliki kecepatan rata-rata 1.4Mbps.

kecepatan tertinggi rata-rata

Dalam data tersebut juga terungkap bahwa Indonesia bersama dengan India menjadi satu-satunya negara di Asia Pasifik yang memiliki kecepatan tertinggi rata-rata di bawah 10Mbps. Sangat kontras dengan Hong Kong yang duduk di posisi pertama dengan kecepatan tertinggi rata-rata sebesar 65.4 Mbps.

Untuk lebih jelasnya mengenai laporan dari Akamai ini, Anda bisa mengunduh file PDF-nya di sini.

via Tech in Asia