Ajang Computex 2016 sudah usai dan banyak sekali produk-produk yang dipamerkan pada ajang yang berlangsung di Taipei tersebut. Mulai dari perangkat smartphone, gadget, hingga hardware komputer ada di sana semuanya. Salah satu yang menarik adalah, pada ajang tersebut ada sebuah laptop yang mencuri perhatian awak media.

MSI-Gaming-Laptop-GTX-1080-1
Laptop gaming dari MSI yang menggunakan VGA card GeForce GTX 1080 pada ajang Computex 2016. Kredit: PC Watch

Seperti yang dilansir dari WCCFtech, Senin (6/6/2016), disebutkan bahwa laptop yang menarik perhatian tersebut buatan MSI. Pasalnya, selain laptop tersebut dirancang untuk gamer, laptop tersebut juga disokong dengan VGA card dari Nvidia yang paling baru saat ini, GeForce GTX 1080. Seperti yang telah kita beritakan sebelumnya bahwa Nvidia tidak bakal merilis jajaran “M” untuk VGA card laptop, namun mengusung nama yang sama, hanya saja menurunkan kecepatannya.

Didesain untuk laptop, pastinya VGA card GeForce GTX 1080 versi mobile ini mengalami pemangkasan, seperti pada CUDA core yang berjumlah 2.048, menurun dari 2.560 yang terdapat pada versi desktop. Lalu pada memory clock juga mengalami penyusutan, yang mana pada versi desktop berkecepatan 10.000MHz, pada versi mobile ini menjadi 8.008MHz.

MSI-Gaming-Laptop-GTX-1080-2

Yang paling mencolok adalah, jumlah bandwidth pada GeForce GTX 1080 versi desktop juga mengalami penurunan yang cukup lumayan, yakni dari 320GB/s menjadi 256GB/s. Menariknya lagi adalah, varian mobile ini juga mengusung jumlah VRAM yang sama, yakni 8GB dengan jenis GDDR5X juga.

Perbedaan GeForce GTX 1080 versi desktop (kiri) dengan versi mobile (kanan)
Perbedaan GeForce GTX 1080 versi desktop (kiri) dengan versi mobile (kanan). Kredit: WCCFtech

Dengan spesifikasi tersebut, pastinya laptop gaming yang menggunakan VGA card GeForce GTX 1080 siap melibas game apapun, bahkan diresolusi 4K sekaligus. Namun untuk kabar pastinya kapan laptop dengan VGA card sangar ini hadir di pasaran masih belum diketahui, tapi bisa disimpulkan tidak lama lagi.

(ND)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here