Laundroid (Kredit: Japantoday)

Sejauh ini, penggunaan perangkat elektronik yang memiliki teknologi tinggi semakin marak, terutama negara Jepang yang hingga saat ini sedang gencar membuat robot yang dapat memudahkan aktivitas manusia sehari-hari. Setelah memperkenalkan RoBoHoN, yakni sebuah robot kecil yang memiliki fungsi smartphone, kini Jepang kembali memperkenalkan robot terbaru, yakni Laundroid.

Laundroid (Kredit: Japantoday)
Laundroid (Kredit: Japantoday)

Ya, pasti sebagian dari Anda sudah mengetahui robot apakah Laundroid ini hanya dengan mengetahui namanya saja. Laundroid merupakan sebuah robot atau mesin cuci yang memiliki bentuk seperti mesin cuci pada umumnya, namun lebih mirip lemari. Mesin cuci ini dikembangkan oleh beberapa perusahaan asal Jepang, diantaranya Panasonic, Daiwa House, dan Seven Dreamers, seperti yang dilaporkan Japantoday, Minggu (11/10/2015).

(Kredit: Huffingtonpost)
(Kredit: Huffingtonpost)

Cara kerja mesin cuci canggih ini didemonstrasikan pada sebuah kiriman video yang diunggah ke YouTube. Pada video tersebut terlihat cara kerja mesin cuci ini yang dimulai dari memasukan pakaian kotor kedalam mesin, dan kemudian pakaian diidentifikasi jenisnya untuk mendapatkan perlakuan yang berbeda dari setiap jenis pakaian. Selanjutnya, pakaian akan dicuci dan kemudian dikeringkan. Setelah pakaian kering, mesin cuci ini langsung melipat pakaian yang telah kering.

Jenis pakaian yang dapat diatasi mesin ini beragam, mulai dari kaos, kemeja, celana pendek, celana panjang, dan lain-lain. Menariknya, proses dari mencuci hingga melihat dapat dilakukan Laundroid ini hanya memerlukan waktu kurang lebih lima menit saja, tergolong sangat cepat.

Laundroid sendiri telah dipamerkan pada ajang Combined Exhibition of Advanced Technologies (CEATEC) yang diselenggarakan di Jepang. Namun untuk ketersediaanya, mesin cuci canggih ini kemungkinan baru diluncurkan pada tahun 2016 mendatang, dan untuk harganya pun belum ada informasi yang beredar.

(RH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here