Layanan Google Play Protect Akan Membuat Perangkat Android Jadi Lebih Aman

Layanan Google Play Protect Akan Membuat Perangkat Android Jadi Lebih Aman

BeritaTeknologi.com

OS Android saat ini menjadi OS mobile paling rentan terserang program jahat, namun Google telah menempatkan beberapa langkah-langkah keamanan dan pemeriksaan di Google Play Store untuk membantu mencegah serangan aplikasi berbahaya yang di-upload ke Play Store. Ini bukan sistem yang sempurna dimana ada beberapa aplikasi berbahaya yang lolos, tetapi untuk sebagian besar itu cukup aman dan umumnya tempat yang aman untuk men-download aplikasi untuk perangkat Android Anda.

Google Play Protect

Namun pada Google I/O 2017, Google telah mengumumkan inisiatif lain dalam bentuk Google Play Protect. Ini adalah sistem layar di mana setiap kali aplikasi yang ditambahkan ke Play Store, Google akan memindai kode berbahaya dalam aplikasi dan bahkan akan menonaktifkan aplikasi yang dianggap memiliki potensi untuk membahayakan perangkat pada yang aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya.

Play Protect juga akan dapat memindai perangkat dan membantu pengguna untuk meng-uninstall aplikasi yang tidak diinginkan, dan Google juga akan beralih ke penggunaan mesin pembelajaran di mana ia dapat belajar tentang perilaku aplikasi dan dapat mengambil tindakan ketika menemukan hal-hal yang tidak normal.

Layanan Play Protect juga akan muncul ke fitur “Cari Perangkat Saya” dimana fitur tersebut membantu pengguna untuk menemukan perangkatnya yang hilang, dan bahkan akan memungkinkan pengguna untuk mengunci atau menghapus perangkat dari jarak jauh saat terjadi hal semacam itu.¬†Menurut Google, mereka berharap bahwa fitur baru ini akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang.

1 COMMENT

Leave a Reply